3 Cara Merawat Motor Biar Awet Dan Tahan Lama
Posted onDengan perawatan yang secara rutin, tentu akan membuat motor kalian lebih awet dan tahan lama. Mesinnya pun tetep tangguh seperti waktu baru. So apa saja yang perlu dirawat ketika memiliki motor baru, berikut caranya merawat motor baru….
Bagaimana Cara Merawat Motor Baru
- Saat pembelian motor baru, untuk yang pertama kali biasanya diberikan service gratis oleh dialer 3x untuk ganti oli, patuhilah aturan tersebut agar mesin bisa awet dan tahan lama. Kemudian setelah 3x ganti oli secara gratis, lakukan ganti oli secara berkala sesuai kadar dari oli tersebut.
- Untuk merek jenis oli bisa disesuaikan dengan mesin yang kamu pakai, mulai dari type kencerannya ataupun kekentalannaya.
- Sebelum melakukan kegiatan, segeralah panasi motor kamu kurang lebih 2-5 menit, agar seluruh mesin bisa terlumasi oleh oli.
- Periksa bensin apakah masih atau sudah habis, jangan sampai keadaan motor kamu kehabisan bensin karena akan menyebabkan mesin cepet rusak.
- Cucilah motor sekurang-kurangnya 1 minggu sekali agar debu2 tidak menembel dan motor baru terlihat seperti baru yang kinclong warnanya.
Bagaimana Cara merawat motor yang benar step by step
- Periksa Busi Motor
Busi motor merupakan alat yang sangat penting dalam kendaraan bermotor. Tanpa busi motor hanya rongsokan yang tidak bisa jalan begitupun dengan bensin. Jadi caranya “cek businya kalau motor kamu sudah mencapai 10 ribu km lebih baik diganti dengan baru”. - Cek Filter Kaburator
Setiap jenis motor dari tahun ketahun berbeda jenis filternya. Untuk sekarang ada dua jenis filter yaitu filter basah dan filter kering. Untuk yang basah biasanya model motor tahun 90 hingga 2000 kamu bisa membersihkan dengan bensin lalu dilumasi sedikit oli setelahnya. Untuk yang kering tahun 2000 hingga sekarang kamu bisa semprotkan dengan kompresor maka kotoran yang ada di filter bakal hilang. - Periksa Rantai dan Gear
Rantai kendor dan gear habis ini sangat bahaya ketika kita melakukan perjalanan jauh. Jadi sebelum perjalanan jauh periksalah terlebih dahulu, jika kendor ya di kencengin dulu, jika habis gearnya bisa diganti dengan yang baru. - Membersihkan Karburator
Untuk membersihkan karburator gue saranin sih ke bengkel saja, karena orang bengkel lebih paham masalah untuk menyetel karburator. - Cek Kondisi Aki
Untuk aki motor-motor buatan tahun 2000 keatas pada umumnya sudah menggunakan aki kering yang tak perlu melakukan perawatan khusus. Tanda-tanda aki kering rusak bila kita starter sudah tidak bisa nyala berarti minta ganti baru. - Panaskan Mesin Motor
Nah terkadang saat buru-buru kita lupa untu memanaskan motor, jadi usahakan panaskan motor dulu yaa tidak butuh waktu lama kok cuman 1-2 menit saja.Fungsinya sendiri adalah agar seluruh mesin bisa terlumasi oli pada saat mesin akan dijalankan. - Gunakan Spartepart Asli
Walaupun suku cadang dari sepeda motor yang asli mahal, tapi biasanya rata-rata untuk yang sparepart asli lebih tahan lama dari pada yang kw-kw nan. - Cuci Motor
Walaupun sebagaian orang malas untuk mencuci motor, ada baiknya jika dilakukan pencucian sepeda motor berkala misal dalam satu bulan paling minimalnya 2 kali, atau 3 kali. Apa manfaatnya, agar motornya lebih bersih dan terlihat kinclong. - Gunakan Oli Standart
Untuk merawat mesin motor perlu diperhatikan juga dalam memilih oli motor, jaman sekarang beberapa orang sudah membuat replika dari produk aslinya. Jadi berhati-hatilah saat memilih oli mesin yang anda gunakan. Teliti sebelum membeli apakah oli tersebut asli atau palsu. Untuk melihat apakah oli tersebut asli atau palsu gue akan posting lain kali. - Jangan Geber Motor
Nih banyak anak muda sekarang yang suka geber-geber motor, kata mereka wajib hukumnya. Mereka tidak sadar bahwa motor yang sering digeber akan menimbulkan mesin cepet loyo, dan beberapa komponen didalamnya mungkin bisa kendor. Gue rasaain dulu pass jaman SMA, seneng bener kalau geber motor, gas motor gue embat2 sampe motor ngadat ixixixixi.
Bagaimana cara perawatan rantai biar nggak berisik
Oke langsung aja yaa cek it dot yaa.
Kalau kepingin rantai tidak berisik, tidak cepat rusak, bersih, dan awet, caranya adalah melakukan perawatan dengan baik dan benar.
- Jangan gunakan solar atau bensin untuk membersihkan rantai agar tidak berisik karena akan menyebabkan melar pada roller2 rantai.
- Gunakan zat khusus pembersih rantai seperti WD40 dan Sellys RP7 untuk membersihkan rantai dari bekas oli yang kering.
- Jangan pernah gunakan oli bekas ataupu yang baru untuk melumasi rantai. Karena oli bekas mengandung serpihan logam mikroskopis sehingga dapat membuat rantai cepat aus. Begitupun dengan oli baru, biar lebih aman sebaiknya gunakan zat khusus untuk permbersih rantai.
- Lumasi rantai khusus pelumas rantai agar hasil yang didapatkan bisa maksimal dan tidak mudah di tempeli kotoran, kamu juga bisa gunakan chain lube ataupun kit.
- Untuk menyeting rantai jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendor. Untuk supaya imbang perhatikan pada posisi penunjuk di swing arm pada bagian kiri dan kanan.
- Perhatikan juga gear depan dan belakang, jika sudah tidak layak dipakai harap diganti dengan yang baru. Beberapa orang terjadi kecelakaan salah satu penyebabnya adalah gear yang sudah habis dan rantai yang kendor. Sehingga jika ada lubang sedikit rantai bisa keluar dari gear dan akan menyebabkan motor jadi terhenti langsung.
- Belilah produk yang asli atau yang berkualistas. Merk yang tidak terpercaya bisa menyebabkan resiko besar akan kualitas yang rendah.
0 komentar:
Posting Komentar